5 SITUS TERBAIK INDONESIA VERSI ALEXA

Kali ini saya akan me-review 5 (lima) website terbaik di Indonesia menurut Alexa. Penggiat blogger, website, atau siapa saja yang bergelut di marketer online mungkin sudah tak asing lagi dengan Alexa sebagai salah satu website terbaik yang bekerja untuk memantau dan menganalisa peringkat dari semua website di dunia maya ini. Sebagian kita pun – bahkan hampir semuanya – menginginkan jika website yang dimiliki berada di peringkat yang baik dalam sistem Alexa ini.

Ada beberapa hal yang dianalisa oleh Alexa untuk memberikan peringkat setiap website, pertama dari jumlah pengunjung website setiap harinya dan page view di setiap halaman serta bounce rate (persentase pengunjung ke sebuah website tanpa melihat halaman lainnya, semakin kecil bounce rate maka semakin baik website tersebut). Oleh sebab itu, dengan memberikan informasi, berita, maupun artikel menarik yang saling berkaitan mempengaruhi peringkat alexa website Anda.

Alexa bukan hanya satu-satunya yang harus dijadikan patokan dalam menentukan seberapa baiknya website Anda, terpenting adalah bagaimana strategi Anda untuk memaksimalkan kinerja website agar mendapatkan respon baik dan positif bagi pengunjung dan tentunya mesin pencari, seperti Google.

Dan berikut 5 (lima) daftar situs website terbaik Indonesia menurut Alexa (Updated 25 Juni 2015)

1. Google.co.id
Google khusus Indonesia ini ternyata berada di urutan pertama untuk wilayah negara Indonesia dan mengalahkan Google.com dengan persentase bounce rate sebesar 17.40%, page view 13.37, dan dengan perbandingan pengunjung setiap harinya 11:20. Total links yang terdapat di Google.co.id ini berjumlah 18.951. Total links yang fantastis tentunya.

Google.co.id berada di urutan 76 dunia dengan pengunjung terbesar berasal dari Indonesia, yaitu 96,6%. Adalah wajar karena di setiap negara, Google mendefault mesin pencarinya sesuai dengan negara tertentu.
2. Google.com
Siapa yang tak kenal Google, bahkan di Indonesia Google mendapatkan julukan si “mbah” sebagai mesin pencari terbesar abad ini. Bukan hanya sebagai mesin pencari, aplikasi-aplikasi Google memang memudahkan para pengguna internet dalam mencari dan mengelola informasi, seperti halnya Gmail, Google Play Store, Google Map, dan aplikasi lainnya yang dapat diakses secara cuma-cuma alias gratis.

Untuk tingkat dunia, Google.com berada di posisi teratas dengan persentase bounce rate 19.70%, page view 17.91, dan rata-rata kunjungan perharinya memiliki perbandingan 18:22. Total links Google.com mencapai 3.794.064. Wow, angka yang membuat saya pribadi geleng-geleng kepala.
3. Facebook.com
Situs jejaring sosial hasil ciptaan Mark Elliot Zuckerberg ini memang masih menjadi trend dan terfavorit dan tetap bertahan meski banyaknya website jejaring sosial yang bermunculan, seperti halnya Twitter, Google+, dan sebagainya.

Tidak aneh jika Facebook berada di urutan ke-3 Indonesia dan ke-2 di dunia setelah Google dengan rata-rata kunjungan perharinya memiliki perbandingan 20:50, page view 13.48, dan bounce rate sebesar 29.30%. Jumlah links Facebook.com mengalahkan Google.com dengan total sebesar 7.767.926.

4. Youtube.com
Menduduki di posisi keempat Indonesia menurut Alexa adalah Youtube.com. Situs video ini memang website paling favorit, terbaik, dan digemari oleh para pecinta video di dunia. Gratis akses dan nonton serta terdapat beberapa aplikasi untuk mengedit video yang akan kita unduh.

Jumlah links Youtube sebesar 3.540.022 dengan perbandingan bounce rate 36.20%, page view 5.95, dan total visitor setiap harinya memiliki perbandingan 17:11.

5. Blogspot.com
Ingin membuat website atau blog gratis, Blogspot.com adalah tempatnya dan masih menjadi tempat favorit dengan fitur-fitur yang setiap waktunya selalu dikembangkan untuk memudahkan penggunanya. Blogspot sendiri merupakan anak dari raja internet saat ini, yaitu Google maka tak heran jika peminat blogspot masih tetap digandrungi oleh blogger-blogger dunia.

Blogspot.com menempati urutan kelima di Indonesia dan urutan ke-21 di dunia dengan perbandingan kunjungan setiap harinya adalah 3:35, persentase bounce rate 55.00%, dan page view 3.02. Total links Blogspot mencapai 20.106.

Dari kelima website terbaik di Indonesia yang sudah disebutkan di atas rata-rata dipegang oleh negara luar. Lalu dimanakah website yang berasal dari negara sendiri? Ternyata ada dua website asli Indonesia yang berada di posisi 10 teratas menurut versi Alexa, yaitu:6. Yahoo.com
7. Kaskus.co.id (Indonesia punya)
8. WordPress.com
9. Detik.com (Indonesia juga)
10. Ask.com

Persaingan website untuk berada di posisi teratas versi Alexa memang menjadi salah satu pertimbangan bagus atau tidaknya website tersebut. So, kita harapkan suatu saat nanti -setidaknya untuk negara Indonesia sendiri- ada situs asli Indonesia yang menempati urutan pertama.


EmoticonEmoticon